KASAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI ARMADA RI TAHUN 2018



Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin jalannya Upacara Hari Armada RI Tahun 2018 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember, bertempat di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Rabu (5/12/2018).

Kegiatan Hari Armada RI pada tahun ini, mengambil tema “Armada RI Kesatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI”. Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada hakekatnya lahir dan tumbuh bersama kelahiran TNI. Armada RI tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kasal dalam amanatnya mengatakan bahwa pelaksanaan upacara ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena mengingatkan kembali sejarah berdirinya Armada RI. Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa Armada RI telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis Alutsista, selanjutnya sesuai keputusan Presiden RI nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur NKRI, termasuk Koarmada III di Sorong sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan negara yang kuat dan merata serta dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI.

"Dengan adanya organisasi TNI Angkatan Laut yang telah tergelar dalam tiga Armada dan karakteristik ancaman yang harus dihadapi maka diperlukan suatu postur kekuatan Koarmada yang optimal dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi. Hal inilah yang menjadi landasan dalam kebijakan pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan. Upaya penataan gelar pasukan TNI perlu ditindaklanjuti dengan penetapan komando pelaksana di tiap-tiap Armada dan pembangunan sarana prasarana pendukungnya", tegas Kasal.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan juga penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan kepada prajurit TNI Angkatan Laut sekaligus pemberian Piagam KRI teladan dan Lanal Teladan, sebagai penghargaan terhadap Prajurit TNI Angkatan Laut, atas kerja keras dalam mengabdikan diri dengan penuh ketulusan dan keikhlasan serta berhasil melaksanakan pembinaan terhadap satuan kerja.

Upacara Hari Armada RI tersebut diikuti oleh Kompi Gabungan Perwira Menengah dan Perwira Pertama TNI AL, satu batalyon Gabungan Kompi Kowal dan Polisi Militer Angkatan Laut, satu batalyon Gabungan Kompi Koarmada I dan Penyelam TNI AL, satu batalyon dari Unsur KRI Koarmada I, satu batalyon dari Marinir, satu batalyon Gabungan Kompi Lantamal dan Penerbang TNI AL, satu batalyon Gabungan Kompi Kopaska dan Taifib, dan satu batalyon Gabungan Kompi PNS Koarmada I, Pramuka Saka Bahari, Yayasan Nala dan SMA Hang Tuah.

Selain upacara parade dan defile, juga digelar demonstrasi latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang melibatkan unsur SSAT antara lain meriam pertahanan udara unsur-unsur KRI, meriam pertahanan udara dari Batalyon Pertahanan Pangkalan, demonstrasi penanggulangan bahaya kebakaran oleh KRI dan Pangkalan serta aksi terjun payung dari prajurit Kopaska Koarmada I dan Intai Amfibi.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Kasal dari masa ke masa, Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri dari masa ke masa, Panglima Armada dari masa ke masa, para Pejabat TNI dan Polri, para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL, Para Kepala Dinas jajaran Mabesal dan para mitra kerja TNI AL.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama